Akses Windows NT Filesystem di Mac OS Mountain Lion


Paragon NTFS for Mac OS X ini menyelamatkan data yang hampir saja tidak dapat dibaca di external harddiks Hitachi saya. 🙁

Awalnya external hdd tersebut digunakan untuk backup data dari OS Windows 7, dengan format external hdd Windows NT Filesystem. Data tersebut sering digunakan di dua OS, Windows dan Mac. Awalnya data setelah dibaca dari Windows 7, dapat dibaca dengan baik di Mac OS Snow Leopard, sekalipun tidal dapat untuk ditulisi data baru (read only access). Kemudian saat menggunakan OS Mountain Lion untuk mengakses data di external, hdd dapat dikenali namun data tidak telihat :(.

Artinya tidak dapat mengakses data tersebut dari OS Mac Mountain Lion. Setelah itu, data di external hdd diakses menggunakan Windows 7, juga tidak dapat diakses. Wah, lumayan data 125 GB lebih tidak dapat dibaca, isinya foto dokumentasi sejak 10 tahun lalu terancam musnah. Data lainnya pendukung pekerjaan dan koleksi eBook. Haduuuh!

Pesan error-nya tidak saya capture, tapi sudah coba googling, hampir 2 minggu belum menemukan solusi manjur. Mengingat data penting yang harus segera kembali dapat diakses, akhirnya diputuskan menggunakan solusi berbayar. Membeli aplikasi yang berjalan di OS Mac X untuk menjembatani pembacaan data di external hdd dengan format Windows NT Filesystem. Saya memilih apps tersebut karena membaca pengalaman sukses akses kembali data salah satu member milis id-mac yang memiliki masalah serupa. Menyenangkan! Setelah download dan install apps Paragon NTFS for Mac OS ini, data di external hdd hitachi saya kembali dapat diakses. Kekuatiran terdapat data yang corrupted atau tidak dapat diakses tidak terbukti. Data di external hdd dapat diakses read/write melalui Mac OS X Mountain Lion dan Windows 7. Punya pengalaman akses data menggunakan dua OS (Operating System) berbeda? Share to us.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *