ExpressCache di Lenovo ThinkPad X240

eccmd_exe_info

 

Laptop yang saat ini saya pakai adalah Lenovo ThinkPad X240 dengan storage harddisk (hdd) 500 GB sebagai disk 0 dan solid state drive (ssd) 16 GB sebagai disk 1. Disk 0 digunakan seperti normalnya pengguna OS Windows, dipartisi menjadi 2, masing-masing 150 GB dan sisanya digunakan sebagai data OS recovery.

Baru pertama kali ini saya mengunakan ssd di laptop. SSD bukan sebagai storage tapi digunakan sebagai ExpressCache. Sistem operasi Windows 8.1 sudah mengenali SSD ini. Untuk mengetahui apakah SSD ExpressCache ini sudah aktif atau belum, uji dengan mengetikan perintah ‘eccmd.exe -info’. Ketikan perintah tersebut dalam command prompt yang ‘run as Administrator’.

Contoh hasil eksekusi command ‘eccmd.exe -info’ yang berhasil adalah “Cache Read Percent : x.xx% (di mana x.xx% adalah prosentase aktual) atau “Cache Write Percent : x.xx% di mana x.xx% adalah prosentase aktual). Hasil seperti ini menandai bahwa ExpressCache telah terinstall dan bekerja dengan baik. Tidak diperlukan tindakan lebih lanjut. Informasi lebih lajut dapat dilihat di http://support.lenovo.com/id/id/documents/ht074404.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *